Bring the Light for the Blind

 

DV SOS Banner

DV SOS 2015! Let’s donate vision!

PUBT-Pengetikan Ulang Buku untuk Tunanetra, merupakan kegiatan puncak dari serangkain kegiatan DV SOS 2015 yang diselenggarakan oleh KMB Dhammavaddhana universitas Bina Nusantara bekerja sama dengan yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Kegiatan yang mampu mengumpulkan lebih dari 800 volunteers ini dilaksanakan pada tanggal 5 April 2015 dan mengambil tempat di Tzu Chi Center, Pantai Indah Kapuk.

Tzu Chi Center
*Gasp* OMG, so freaking huge!
Tzu Chi Garden
and also so damn beautiful *.*
Formulir PUBT DV SOS 2015
Buku yang Diketik adalah Novel Refrain hal. 208-221

 

Buku adalah jendela dunia.

Sebagai orang yang mempunyai hobi membaca, pernyataan tersebut telah saya buktikan sendiri. Walaupun saya belum pernah berpergian ke negara lain, buku sudah mampu menjadi ‘mata’ saya untuk melihat dunia. Para penyandang tunanetra tidak mampu melihat dunia dengan kedua mata mereka, hanya buku lah satu-satunya ‘mata’ yang bisa mereka andalkan untuk melihat dunia. Sebagai seseorang yang mampu, maka saya tertarik untuk turut serta mengambil bagian dalam kegiatan seperti ini. Maka disinilah saya, bergabung bersama 800 volunteers lainnya dalam kegiatan PUBT.

Volunteers
Para Sukarelawan Berseragam Putih
Cari Posisi Wenak-mu
Cari Posisi Wenak-mu

Bahagia itu sederhana…seperti mempunyai tambahan referensi buku untuk dibaca 🙂

Kegiatan ini selain menanam kebajikan dan menanam karma baik, juga dapat menumbuhkan kepedulian kami sebagai pihak yang ‘mampu’ untuk lebih memperhatikan teman-teman kami yang ‘kurang mampu’. Kami disadarkan bahwa kami adalah orang-orang beruntung yang masih diberi kesempatan untuk menikmati dunia melalui kedua bola mata kami. Banyak orang diluar sana yang kurang berutung namun dapat menikmati hidup mereka bahkan lebih baik daripada kami yang beruntung. Mereka jauh lebih bersyukur atas hidup mereka yang apa adanya, dibanding kami yang hanya selalu menuntut ini dan itu. Senyum diwajah mereka yang sangat ceria telah menohok saya yang kerap kali menggerutu atas ketidakpuasan. Melalui kegiatan ini saya dapat merenungkan kembali kehidupan saya dan mencoba untuk menjadi pribadi yang selalu bersyukur untuk apapun yang diberikan kepada saya. Mereka telah mengajarkan kepada saya bahwa bahagia ternyata sesederhana itu.

“Walaupun penglihatanmu gelap, namun hatimu tetap terang” – Master Cheng Yen

Kegiatan ini telah membuka pandangan saya mengenai para penyandang tunanetra. Sebelumnya saya kerap berpikir bahwa mata adalah elemen terpenting dari tubuh manusia dan kita tidak akan bisa melakukan apapun tanpanya. Namun ternyata hal tersebut tidak seratus persen tepat, para tunanetra pun dapat hidup dengan normal layaknya kami yang memiliki penglihatan sempurna. Para tunanetra juga dapat bersekolah dan berprestasi seperti anak-anak pada umumnya. Kehilangan penglihatan tidak berarti hilangnya dunia. Banyak penyandang tunanetra yang dapat menjalani hari-harinya dengan mandiri dan memiliki semangat disetiap langkahnya. Mereka hanya perlu tahu bahwa mereka tidak sendirian, banyak orang di luar sana yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan namun tetap dapat menjadi manusia normal yang berhasil. Mungkin awalnya terasa sulit namun sikap berserah dan selalu bersyukur dapat membantu para penyandang tunanetra untuk dapat memulai lembaran hidupnya yang baru, yang lebih berarti untuk diri sendiri dan orang lain.

Sebagai pihak yang mampu-mampu melihat-sudah selayaknya kita membantu saudara-saudara kita yang memiliki kekurangan. Sikap empati terhadap para penyandang tunanetra sudah cukup untuk menjadi modal para aktivis-aktivis sosial tunanetra untuk tetap menjalankan aksi sosial seperti ini. Mampu tidak berarti memiliki materi, mampu bisa berarti memiliki waktu, memiliki tenaga, maupun memiliki ide-ide menarik untuk membantu sesama kita yang berkekurangan. Sebagai pihak yang mampu, let’s we donate vision together!

 

3d4caa099fa250556359bb207e3e3e4ed8212c4
Fighting!

 

Community partner:

LOGO TFI HIGH RESS

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s